Materi 8: Semantic Network Pada Materi Kimia (Laju Reaksi)

Semantik Network adalah tehnik representasi dalam AI (artificial intelligence) klasik untuk informasi proposional, sehingga sering kali disebut sebagai poporsional network. Proposisi adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah dan merupakan bentuk pengetahuan deklaratif. Semantic network pertama kali dikembangkan untuk AI sebagai cara untuk mempresentasikan memory dan pemahaman bahasa manusia. 
Semantik network terdiri dari simpul (NODE) dan busur (ARC). Simpul menyatakan objek, dan busur menyatakan links atau edge. Simpul digunakan untuk menggambarkan objek, konsep dan situasi yang ditunjukkan berupa lingkaran atau kotak, sedangkan busur digunakan untuk menyatakan hubungan antar simpul, ditunjukkan berupa tanda panah. Hubungan merupakan dasar penting dalam semantik network karena menyediakan struktur struktur dasar untuk pengorganisasian pengetahuan. Tanpa adanya hubungan, pengetahuan hanya menjadi kumpulan fakta yang tidak berelasi dan tidak ada artinya. Dengan hubungan, pengetahuan menjadi perpaduan struktur dengan pengetahuan lain yang dapat diambil kesimpulannya.
Berikut ini contoh semantik network dalam pembelajaran kimia pada materi laju reaksi:

    


   
Permasalahan:
1.    Dari inovasi yang telah saya jelaskan diatas adakah ide atau saran mu untuk menambah inovasi tersebut agar lebih berkembang dan efisien?
2.    Apakah memungkinkan inovasi tersebut dapat terealisasi, berikan pendapat mu?
3.    Selain manfaat yang telah saya sebutkan, apakah inovasi ini dapat merikan dampak negatif pada pembelajaran siswa?

Komentar

  1. Kl untuk saran, mungkin bs dalam bntuk sofware, karena jika dlm bentuk prangkat harganya cukup jarang untuk di capai anak2 sekolah. Untuk dampak, tergantung si pemakainya lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya inovasi yg telah dibuat oleh kak fira sudah bagus dan efektif untuk diterapkan pada proses pembelajaran kimia, saya setuju dengan pendapat kak tri mungkin untuk dampak nya kembali lagi ke sipengguna perangkat tersebut dan mengenai perangkat game saya menanggapi dari tanggapan kak tri bahwasannya anak anak bisa download aplikasi nya tersebut pada hp mereka masing-masing melihat keadaan yang sekarang bahwa tidak menutup kemungkinan setiap anak sudah memiliki hp sendiri

      Hapus
    2. terima kasih atas tanggapannya kak tri saya setuju bahwa jika dlm bentuk prangkat harganya cukup jarang untuk di capai anak2 sekolah, apakah hal ini pengadaannya dapat dibantu oleh perintah mengingat kemajuan teknologi ini dalam dulia pendidikan akan sanagat menjanjikan?
      dan kakak juga mengatakan bahwa dampaknya tergantun pada penggunakanya dalam hal ini siswa maka bagaimana cara memeinimalisirnya?

      Hapus
    3. terima kasih atas tanggapannya rini saya setuju dengan pendapatnya bahwa dampak nya kembali lagi ke sipengguna perangkat tersebut dan mengenai perangkat game bisa download aplikasi nya tersebut pada hp mereka masing-masing melihat keadaan yang sekarang bahwa tidak menutup kemungkinan setiap anak sudah memiliki hp sendiri. nah apakah untuk dapat meminimalsir hal tersebut kita harus melarang siswa memiliki hp? atau rini punya solusi lain ?

      Hapus
  2. Menurut saya desain yang fira buat sudah cukup epic untuk dapat dipergunakan, hanya saja menurut saya dalam pemilihan game untuk pembelajaran sebaiknya dipilih/disortir dan diremake sedemikian rupa sehingga kemungkinan siswa untuk tidak lengah dengan games pada pembelajaran akan menipis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya kaka rini saya sependapat dalam pemilihan game untuk pembelajaran sebaiknya dipilih/disortir dan diremake sedemikian rupa sehingga kemungkinan siswa untuk tidak lengah dengan games pada pembelajaran akan menipis, apa dan bagaimana cara memilih game tersebut?

      Hapus
  3. Dari inovasi yang telah dijelaskan diatas, adakah ide atau saran untuk menambah inovasi tersebut agar lebih berkembang dan efisien?
    saya rasa perlu ditambahkan nilai sosial dan keagamaan, karena aspek ini merupakan aspek terpenting dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Dimana dalam setiap kegiatan pembelajaran guru wajib mengobservasi sikap dan karakteristik siswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya kak nelly, saya sependapat perlu ditambahkan nilai sosial dan keagamaan, karena aspek ini merupakan aspek terpenting dalam pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, pada bagian pembelajaran mana nilai sosial dan keagamaan tersebut sebaiknya kita tambahkan?

      Hapus
  4. Menurut pendapat saya desain pembelajaran kimia pada materi laju reaksi yang dibuat oleh fira cukup bagus namun inovasi tersebut dapat terealisasi apabila bisa dipergunakan dengan baik, karena apabila desain itu sudah bagus tetapi yang menjalankannya tidak baik maka hasilnya juga tidak baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya kak fero, saya sependapat bahwa inovasi tersebut harus dipergunakan dengan baik, lantas bagaimana cara kita untuk medeteksi dan mengarahkan cara penerapan ini dengan baik?

      Hapus
  5. menurut pendapat saya untuk inovasi yang anda buat sudah bagus, namun alangkan baiknya jika media yang anda buat menjadi satu inovasi yang dapat menghemat waktu pembelajaran, dan siswa dapat memehami pembelajaran laju reaksi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas tanggapannya kak esa bisa kakak jelaskan lebih spesifik tentang inovasi yang dapat menghemat waktu pembelajaran, dan siswa dapat memehami pembelajaran laju reaksi ini ?

      Hapus
  6. menurut saya konsep inovasi yang Anda gunakan sudah bagus, dan sedikit saran lebih bagusnya Anda buat aplikasi sendiri yang dapat mendukung dan sesuai dengan kebutuhan siswa Anda. dan dengan keadaan saat ini, kita bisa merealisasikannya karna ketersediaan teknologi yang memadai.
    untuk dampak negatif, yang pasti ada contohnya penggunaan teknologi ini menjadikan setiap orang terlalu bergantung kepada teknologi, sehingga interaksi sosial bisa rusak. lalu, batas dari penggunaan teknologi ini belum jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya kak rina, saya sependapat dengan dampak positi dan negati yang dapat ditimbulkan dari inovasi saya tersebut, lantas bagaimana cara kita untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan?

      Hapus
  7. Saya setuju dengan pendapat teman teman. Ide kk fira sudah cukup baik dalam pembelajaran pada masa kini dan masa yang akam datang. Namun disini mnurut sya kurangnya keterlibatan siswa dlaam melakukan dgn hal nyata. Yaitu real praktikum agar siswa lebih tau dan berasa dalam pembelajaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya dian, dari inovasi saya tersebut justru pembelajaran dibuat sereal mungkin dengan menggunakan kacamata AR tersebut

      Hapus
  8. Menurut pendapat saya desain yang saudari buat sudah bagus sekali, karena seperti yg kita tahu anak jaman skrg akrab sekali dengan games, hampir setiap hari mereka bermain games baik di gadget ataupun dalam kehidupan sehari-harinya dalam menghilangkan kepanatan, saat inovasi pembelajaran di barengi dengan games agar pembelajaran tidak monoton, jadi siswa lebih mudah paham.
    Diusahakan games yg diberikan jangan sampai membuat siswa terlena dan pecah fokus juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya kak rahmah, saya sependapat dengan games yg diberikan jangan sampai membuat siswa terlena dan pecah fokus, lantas bagaimana cara kita mengontrol agar hal tersebut tidak terjadi?

      Hapus
  9. Media ini mungkin akan terealisasi beberapa tahun kedepan, dan menurut saya ini sudah sangat baik karena games nya sudah dapat membuat siswa berminat dalam belajar dan dalam berdiskusi pun sudah dapat menimbulkan sikap komunikasi dan kolaborasi serta berpikir kritis siswa. Sebaiknya contoh dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya kak fanny, saya sependapat akan lebih baik bila contoh-contoh dalam pembelajaran harus dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, lantas bagaimana contoh tersebut unutk materi laju reaksi ini?

      Hapus
  10. Menurut saya inovasi semantic network yg dibuat oleh syafira sudah sangat baik, jika digunakan dimasa depan dan dana yang memadai sangat layak pakai, adapun dampak negatif yang bisa disebabkan tergantung pengendalian guru dalam mengarahkan siswa menggunakan media-media yang digunakan dll

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas tanggapannya kak melda, saya sependapat dengan dampak positif dan negatif yang dapat ditimbulkan dari inovasi saya tersebut, lantas bagaimana cara kita untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan?

      Hapus
  11. Untuk pertanyaan "Dari inovasi yang telah saya jelaskan diatas adakah ide atau saran mu untuk menambah inovasi tersebut agar lebih berkembang dan efisien?"
    Sebelumnya sya ingin bertanya, apakah ada hubungan antara game yg diberikan dengan materi?
    Jika ada lebih baik jika diberikan garis penghubung, sehingga ia ad literasinya, ad hubngannya buakan sesuatu yg terpisah antara matei dan inovasi penunjangny,

    BalasHapus
  12. desain yang saudari buat sudah cukup baik, saya hanya menyarankan game yang anda buat lebih baik dalam suasana kimia. tidak dalam bentuk mobil balap.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi 5: Prinsip Desain Sistem Pembelajaran

Materi 9: Tren Internet of Thing dalam Pembelajaran Kimia

Materi 14: Inovasi Sintak Model Pembelajaran Learning Cycle (5E) dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif